20 November 2009

Urutan nama Takson dalam Klasifikasi Biologi Modern

Dalam klasifikasi biologi modern, ada aturan tingkat pengelompokan makhluk hidup. Tingkatan-tingkatan ini disebut takson(jamak:Taksa). Takson bertingkat-tingkat, semakin tinggi tingkat takson maka makhluk hidup yang ada dalam tingkat takson tersebut makin banyak dan perbedaannya pun semakin banyak. Semakin rendah tingkat takson maka jumlah makhluk hidup semakin sedikit dan persamaannya semakin banyak serta perbedaannya semakin berkurang. Tingkatan-tingkatan takson tersebut adalah(diurutkan dari yang paling bawah);

  • Species (Spesies)
  • Genus (Marga)
  • Familia (Suku)
  • Ordo/Order (Bangsa)
  • Class/Classis (Kelas)
  • Divisio atau Phyllum
    • Divisio: Divisi, digunakan untuk tumbuhan
    • Phyllum: Filum, digunakan untuk hewan.
  • Kingdom (Kerajaan/Dunia)

Species (Spesies)
Merupakan tingkatan takson yang paling rendah. Kadang kala ada kebingungan antara nama spesies dan spesies. Coba tebak, di bawah ini manakah yang masuk spesies dan mana yang masuk nama spesies:

  • sapiens
  • Musa paradisaca
  • Cocos nucifera
  • lupus
  • sativa

Betul sekali (kalau jawabanmu betul), Musa paradisaca, Cocos nucifera merupakan nama spesies sedangkan sapiens,lupus, dan sativa merupakan spesies. Karena kesimpang siuran inilah, saya lebih suka menyebut spesies dengan spesifikasi sedangkan nama spesies ya nama spesies. Karena kalau dipikir-pikir lagi, spesies memang sangat spesifik dimiliki oleh satu organisme.

Organisme dapat dikatakan dalam satu spesies, jika dia dikawinkan dengan sesamanya dapat menghasilkan keturunan. Dan keturunannya tersebut dapat menghasilkan keturunan lagi. Fertil-lah istilahnya. Jadi antara ayam hutan dan ayam kampung memang bisa kawin dan menghasilkan keturunan, tapi keturunannya itu tidak subur dan tidak akan menghasilkan keturunan.

Walau dikata spesies/spesifikasi merupakan tingkat takson yang paling rendah, masih bisa dibagi lagi menjadi ras atau varietas, tentunya apabila spesies tersebut memiliki banyak variasi. Kadang hanya disebut variasi saja. Misal, ada padi raja lele, sumedang, wangi dan lain sebagainya.

Genus (Marga)
Berada satu tingkat diatas spesies, genus terdiri atas beberapa spesies yang memiliki ciri-ciri tertentu yang sama. Contoh, kucing dan harimau masuk dalam satu genus(Felis) karena kesamaannya dalam hal bentuk muka.

Familia (Suku)
Diatas Genus ada Familia, suku biasanya digolongkan berdasarkan bentuk tubuh. Contoh Familia, Gramineae, Palmae, Moraceae, Canidae, Zingiberacae. Umumnya nama dalam Familia diakhiri dengan "~ae"

Ordo (Bangsa)
Ordo merupakan kumpulan dari Familia. Contoh Ordo, Carnivora, Poales, Primata. Umumnya nama Ordo diakhiri dengan "~es" untuk tumbuhan, sedangakan untuk hewan kebanyakan tidak beraturan.

Classis/Class (Kelas)
Lebih tinggi daripada Ordo, contoh nama Class, Monocotyledoneae(Liliopsida), Dicotyledoneae(Magnoliopsida), Mammalia, Amphibia, Reptile, dan Aves. Umumnya nama kelas untuk tumbuhan diakhiri dengan "~eae" sama dengan Familia, tapi ngga usah kawatir. Jumlah Class lebih sedikit dari pada jumlah Familia

Phyllum/Divisio (Filum/Divisi)
Pada tingkat takson ini ada sedikit pengecualian. Untuk organisme yang mirip sekali dengan hewan, maka menggunakan Phyllum. Sedangkan untuk organisme yang sangat mirip dengan tumbuhan menggunakan Divisio.

Kingdom/Regnum (Kerajaan/Dunia)
Tingkatan ini merupakan yang paling puncak. Jumlah kingdom tergantung pada ilmuwan yang menggunakannya. Ada yang 2, 3, 4, 5 dan 6. Untuk Samudra's Blog akan menggunakan yang 6 kingdom (Animalia, Plantae, Monera, Protista, Fungi dan Virus). Tapi kebanyakan sumber di Internet menggunakan 2 Kingdom(Plantae dan Animalia).

Sebenarnya jumlah kingdom yang digunakan terserah saja. Tapi jika menggunakan kingdom yang berbeda, mungkin akan ada pergeseran tingkatan takson. Misalnya, ketika menggunakan 2 kingdom Protozoa adalah nama Phyllum, tapi ketika berpindah ke 5/6 kingdom Protozoa bukan nama Phyllum, hanya sebagai nama kelompok saja. Sebagai komensasi dari menghilangnya Protozoa dari tingkatan takson, tingkatan takson yang berada di bawah Protozoa sebelumnya Kelas menjadi Phyllum, misal Mastigophora(Flagellata), Sarcodina(Rhizopoda), Ciliophora(Ciliata) dan Sporozoa.

Dalam melakukan pengelompokkan organisme dimulai dengan tingkatan takson yang paling atas(Kingdom). Kemudian dirunut terus ke bawah. Jika pada tingkat takson tertentu tidak atau belum ada yang memenuhi ciri-ciri yang ada, bisa dibuatkan nama/kelompok yang baru, biasanya sangat bawah sekali (mungkin antara Genus dan Famili).

Dalam beberapa kasus, ditemukan adanya sub-sub pada tingkat takson tertentu. Biasanya, Sub-Phyllum, Sub-Classis, dan Sub-Ordo. Hal ini muncul karena pada setelah suatu tingkat(misal, Phyllum) sekelompok organisme memiliki kesamaan ciri tertentu yang tidak masuk dalam tingkat takson dibawahnya tapi sebagian dari kelompok tersebut masih memiliki kesamaan juga dengan tingkat takson di bawah Phyllum tadi. Istilah singkatnya perpanjangan pada salah satu tingkat takson.

Misalnya saja Phyllum Chordata dibagi menjadi Sub-Phyllum

  1. Sub Filum Hemichordata
  2. Sub Filum Urochordata
  3. Sub Filum Cephalochordata
  4. Sub Filum Vertebrata

Sub Phyllum Vertebrata dibagi lagi(tidak dimasukkan dalam tingkatan takson) berdasarkan alat gerak ketika dewasa. Pisces dan Tetrapoda.

83 comments:

  1. kak kalo urutan takson pada petai cina seperti apa?

    ReplyDelete
  2. Dari Wikipedia gini:

    Kerajaan:Plantae
    Divisi:Magnoliophyta
    Kelas:Magnoliopsida
    Ordo:Fabales
    Famili:Fabaceae
    Subfamili:Mimosoideae
    Genus:Leucaena
    Spesies: L. leucocephala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ingin tau urutan takson yg benar

      Delete
  3. kak klo pd anjing apa?

    ReplyDelete
  4. Lebih tepatnya anjing jenis apa ya?

    Mungkin ini ya?

    Kingdom:Animalia
    Phylum:Chordata
    Class:Mammalia
    Order:Carnivora
    Family:Canidae
    Genus:Canis
    Species:C. lupus

    ReplyDelete
  5. klw kelapa & siwalan
    ap ya.?

    ReplyDelete
  6. Kelapa
    Kingdom: Plantae
    Order: Arecales
    Family: Arecaceae
    Subfamily:Arecoideae
    Tribe:Cocoeae
    Genus:Cocos
    Species:C. nucifera

    Kluwak
    Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Malpighiales
    Famili: Achariaceae
    Genus: Pangium
    Spesies: P. edule

    ReplyDelete
  7. Sell Original Software!! The best software online store offering a complete collection of original software to buy at very affordable price. Give it a try now

    ReplyDelete
  8. kak aku via, aku pengin nanya nhe..
    kalo urutan takson tanaman bunga merak, badak bercula satu, dan ular phiton apa ya,,
    sebelum nya terimakasih kak

    ReplyDelete
  9. Bunga merak ngga ketemu

    Badak bercula satu http://id.wikipedia.org/wiki/Badak_bercula_satu

    Python http://id.wikipedia.org/wiki/Ular_sanca_kembang

    ReplyDelete
  10. kk koq gx ada bunga merak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunga merak/kembang merak, (Chaesalpiniea pulcherrima)
      kingdom ;plantae
      Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
      Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
      Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
      Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
      Sub Kelas: Rosidae
      Ordo: Fabales
      Famili : chaesalpiniaceae
      genus : Chaesalpinia
      spesies : Chaesalpinia pulcherrima

      Delete
  11. gmna donk kn bzock dkmpull..

    ReplyDelete
  12. tlong bntuin npa plizzzzzzz........

    ReplyDelete
  13. sama nih tggl kedelai bukan(keledai)
    Bunga Merak:

    Klasifikasi
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Rosidae
    Ordo: Fabales
    Famili: Caesalpiniaceae
    Genus: Caesalpinia
    Spesies: Caesalpinia pulcherrima

    ReplyDelete
  14. kalau urutan takson tanaman padi, salak kak? makasih

    ReplyDelete
  15. kalo nama klasifikasi ayam apa ya?

    ReplyDelete
  16. kalo nama klasifikasi ayam apa ya?

    ReplyDelete
  17. kasih aku contoh urutan takson dri kingdom animalia n plantae donk....
    pliissss....

    ReplyDelete
  18. urutan tingkatan taksonomi tumbuhanlengkap apa ya? ada 24 tingkatan. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  19. klasifikesinya singa,harimau & bunglon apa ya??
    tks

    ReplyDelete
  20. Sngt mmbantu skli, trims :)

    ReplyDelete
  21. kak kalau kerbau apa ?

    ReplyDelete
  22. ada yg lebih lengkap gak ...hewan dan tumbuhannya ..penting ni ..

    ReplyDelete
  23. Untuk urutan takson yang leboh lengkap bisa di lihat di wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Taxonomy#Various_biological_taxonomies

    ReplyDelete
  24. kak.. Aq msh nggak ngrti urutan takson nya padi,.. :(

    ReplyDelete
  25. Kak Fandri... Kepanjangan dr C pd kta "C.nucifera" pada spesies kelapa apa ?? Dan kepanjangan dr huruf P pd kta "P.edule" ituu apa ??? PLEASSSEE BALAS.. Nilai biologi ku ada di tangan kakak...

    ReplyDelete
  26. Khan diatas udah ada....
    Cocos nucifera

    Pangium edule

    ReplyDelete
  27. Kak' .. NamMa ILmIiah , KeLapA Appa yAah ???

    PLISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS !!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  28. Kelapa
    Kingdom: Plantae
    Order: Arecales
    Family: Arecaceae
    Subfamily:Arecoideae
    Tribe:Cocoeae
    Genus:Cocos
    Species:C. nucifera (cocos nucifera)

    ReplyDelete
  29. makasih kak udh ngebantuin...tpi kok gakk ada divisi dan class bwt kelapa?

    ReplyDelete
  30. kak,nih rita....!!!!
    aku mau nanya kalau susunan takson klasifikasi dari kingdom dan spesies jenis fauna dan flora apa aja sih...???

    ReplyDelete
  31. kak,nih rita....!!!!
    aku mau nanya kalau susunan takson klasifikasi dari kingdom dan spesies jenis fauna dan flora apa aja sih...???

    ReplyDelete
  32. kalau bunga andelis taksonnya gmn ??
    thanks

    ReplyDelete
  33. kalo urutan 24 takson melati apa aja ya? minta linknya dong hehe..

    ReplyDelete
  34. kalau urutan takson buah dewa apa ya ga ketemu-ketemu uy....

    ReplyDelete
  35. maksutnya buah mahkota dewa

    ReplyDelete
  36. Anonymous said...
    kak fandri kalau bunglo apa

    ReplyDelete
  37. Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Reptilia
    Ordo: Sauria
    Famili: Agamidae
    Genus: Bronchocela
    Spesies: B. jubata

    ReplyDelete
  38. Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Reptilia
    Ordo: Sauria
    Famili: Agamidae
    Genus: Bronchocela
    Spesies: B. jubata

    ReplyDelete
  39. Klasifikasi
    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
    Sub Kelas: Rosidae
    Ordo: Myrtales
    Famili: Thymelaeaceae
    Genus: Phaleria
    Spesies: Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.

    http://www.plantamor.com/index.php?plant=977

    ReplyDelete
  40. buat yang nanya melati dapat dilihat disini:
    http://id.wikipedia.org/wiki/Melati_putih
    http://id.wikipedia.org/wiki/Melati

    ReplyDelete
  41. MAKASIH YA KAK BER GUNA LO INFONYA INI ALVINNN!!! KALO BISA KAKA CANTUMIN SEBANYAK BANYAKNYA HEWAN DAN TUMBUHAN DENGAN KINGDOM DAN SEGALANYA SELENGKAP LENGKAPNYAAAA KA MAKASIH......!!!!

    ReplyDelete
  42. klo mangga pha ea???????

    ReplyDelete
  43. Kerajaan: Plantae
    Filum: Magnoliophyta
    Kelas: Magnoliopsida
    Ordo: Sapindales
    Famili: Anacardiaceae
    Genus: Mangifera
    Spesies: M. indica

    Nama binomial
    Mangifera indica
    L.

    ReplyDelete
  44. thx bgt gan.....

    ReplyDelete
  45. thx ya, bisa jd bahan refrensi tgs ak
    ^_^

    ReplyDelete
  46. kak, kenapa alasannya 6 kingdom itu bisa berkembang ya ?

    ReplyDelete
  47. Karena, pengklasifikasiannya kebih spesifik, jadi mudah untuk mempelajari maklhluk hidup ^^

    ReplyDelete
  48. kan bisa jadi 6 kingdom itu kenapa?
    awal mulanya seperti apa yang kemudian bisa berkembang menjadi 6 kingdom

    ReplyDelete
  49. Ya karena sistem klasifikasi/taksonomi yang sebelumnya sudah tidak memadai

    Terutama karena ditemukannya virus. Yang tidak dapat dimasukkan delam kingdom manapun (menurut spesifikasi kingdom tentunya), sehingga harus dibuat kingdom sendiri.

    alasan virus masuk ke kingdom sendiri: tidak jelas, apakah virus masuk makhluk hidup atau bukan.

    ReplyDelete
  50. kak mau tanya kenapa para ilmuan biologi tidak menggunakan nama regional untuk setiap spesies ????

    ReplyDelete
  51. kaaakk...mengapa dalam klasifikasi whittaker jamur tidak dimasukkan dalam kingdom plantae?
    trims sbelumnya

    ReplyDelete
  52. Klo menggunakan nama regional, berapakah nama yang harus dihapalkan oleh ilmuwan hanya untuk satu species?

    Misal, semangka
    Ind, Semangka
    Jp, suika
    Eng, watermelon
    Jw, semongko

    dst


    ----------------------------------------------

    Karena tidak memiliki klorofil dan hidupnya saprofit, tidak autofit.

    ReplyDelete
  53. oke kak makasih, tapi sebelomnya saya mau nanya lagi.. kalau jenjang takson daro tumbuhan putri malu apa ya ka? udh cari sana sini ga ada, di google juga susah hehe..

    ReplyDelete
  54. Kerajaan: Plantae
    Divisi: Magnoliophyta
    Kelas:Magnoliopsida
    Ordo:Fabales
    Famili:Fabaceae
    Upafamili:Mimosoideae
    Genus:Mimosa
    Spesies:M. pudica

    Nama binomial
    Mimosa pudica L.

    ReplyDelete
  55. makasih banyaak kang :D

    ReplyDelete
  56. kak kalo gini, contoh ya! Cocos nucifera nah nucifera nya itu dr mana? n kalo ada soal perbedaan dan persamaan Allium cepa dan Allium sativa itu apa? thx before

    Afridha
    SMA 1 kudus

    ReplyDelete
  57. kak klo tingkatan klasifikasi pada ayam,apa ya?
    tolong cepat dijawab aku butuh banget ><
    terima kasih^^

    ReplyDelete
  58. @Afrida:
    nama kedua dari spesies menunjukkan spesifikasinya. misal allium sativum dan allium cepa, nama pertama menunjukkan keluarganya dan nama kedua menunjukkan spesifikasinya.

    "n kalo ada soal perbedaan dan persamaan Allium cepa dan Allium sativa itu apa?"

    lha bedanya bawang putih dan bawang merah apa?


    @Mega Tiara:
    Kerajaan: Animalia
    Filum: Chordata
    Kelas: Aves
    Ordo: Galliformes
    Famili: Phasianidae
    Genus: Gallus
    Spesies: G. gallus

    Nama trinomial
    Gallus gallus domesticus

    ReplyDelete
  59. thanks gan atas informasinya ;) sngt membantu

    ReplyDelete
  60. kak mksih bgt y sangat membantu tugas q lho...smoga smkin sukses...

    ReplyDelete
  61. kak klo klasifikasi kelabang apa tlng dbls skrng y.soaly dikumpulin bzok nih.mksih sblumnya........

    ReplyDelete
  62. Kingdom: Animalia
    Phylum: Arthropoda
    Subphylum: Myriapoda
    Class: Chilopoda
    Order: Scolopendromorpha
    Family: Scolopendridae
    Genus: Scolopendra


    Scolopendra morsitans

    ReplyDelete
  63. kak mau nanya nih.. kalau takson nya cumi cumi sama gurita apa..??? sebelumnya makasih

    (hasnah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cumi cumi ada banyak coba liat disini

      http://en.wikipedia.org/wiki/Squid#Classification


      Gurita
      http://en.wikipedia.org/wiki/Octopus#Classification

      Delete
  64. kak klo klasifikasi dari daun jeruk apa ??

    ReplyDelete
  65. kak klo klasifikasi dari daun jeruk apa ??

    ReplyDelete
  66. kak klo klasifikasi dari daun jeruk apa ??

    ReplyDelete
  67. numpang tanya dong gan :D .
    berarti urutan tingkatan takson mulai dari paling banyak persamaannya hingga yg paling sedikit persamaannya itu : spesies-genus-familia-ordo-class is-phylum atau sebaliknya ?

    ReplyDelete
  68. dari yang paling banyak ke yang paling sedikit :D

    ReplyDelete
  69. kak mau tanya ,
    mengapa para ilmuan biolgi tidak menggunakan nama regional untuk setiap spesies ?
    mkasih

    ReplyDelete
  70. kak mau tanya klau urutan takson dari tumbuhan kedelai apa kak ?

    ReplyDelete
  71. kak q sondang
    mau nanyak urutan takson pada flagellata,rhizopoda,sporozoa n ciliata apa ya kk???????????

    pleaseee kk

    ReplyDelete
  72. urutan takson tebu apa ya ?? thanks...

    ReplyDelete
  73. kak kalau urutan kalsifikasi daun advokat ( perseae folium ) apayaa.. ? makasih

    ReplyDelete
  74. mas tolong subclass sama sub family dan sub ordo ayam apa ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas Feed Back Anda (^,^)a