16 November 2009

Dasar-dasar Pengklasifikasian

Setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan makhluk hidup yang lain. Selain memiliki perbedaan, makhluk hidup juga memiliki persamaan, setidaknya sama-sama makhluk hidup. Sebagai contoh bandingkan antara padi dan mangga. Lihat tabel berikut:

PembedaPadiMangga
Persamaan
BerfotosintesisYaYa
BerakarYaYa
BerbungaYaYa
Perbedaan
BerkambiumTidakYa
Jumlah keping bijiSatuDua

Klasifikasi pada umumnya dibangun berdasarkan;

  1. Persamaan,
  2. Perbedaan,
  3. Manfaat,
  4. Morfologi dan Anatomi,
  5. Ciri Biokimia
Berdasarkan Persamaan

Kita dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaannya. Sebagai contoh adalah padi dan mangga, berdasarkan ciri-ciri yang ada kita dapat memasukkan mereka berdua(padi dan mangga) dalam kelompok hewan. Karena mereka berbunga maka dimasukkan dalam kelompok Angiospermae(tumbuhan biji). Mereka juga dapat dimasukkan dalam tumbuhan berpembuluh, karena sudah memiliki alat transportasi makanan yang terstruktur.

Berdasarkan Perbedaan

Kita juga dapat memisahkan padi dan mangga berdasarkan jumlah keping bijinya. Mangga memiliki dua keping biji sedangkan padi memiliki satu keping biji. Sehingga mangga masuk dikotil sedangkan padi masuk monokotil. Masih banyak perbedaan dari mangga dan padi yang dapat digali lebih dalam lagi, misal ada tidaknya kambium, bentuk daun, tinggi batang, jumlah mahkota bunga, umur, susunan pembuluh dan lain sebagainya.

Berdasarkan Manfaat

Semisal kita menambahkan, jagung, ketela, anggur, jeruk, apel, kol dan bayam. Maka, jagung, ketela dan padi dapat dikelompokkan sebagai bahan makanan pokok, anggur, apel, jeruk dan mangga dapat dimasukkan dalam buah-buahan atau suber vitamin, sedangkan kol dan bayam masuk sayur-sayuran.

Setiap pengelompokkan diatas memiliki manfaat masing-masing. Bahan makanan pokok sebagai penghasil nutrisi tubuh yang paling utama, sedangkan buah dan sayur sebagai pelengkap agar tubuh senantiasa bugar dan sehat.

Berdasarkan Morfologi dan Anatomim

Dalam biologi, klasifikasi umumnya didasarkan pada perbedaan dan persamaan morfologi dan anatomi. Morfologi adalah ciri-ciri yang tampak dibagian luar tubuh makhluk hidup sedangkan anatomi adalah ciri-ciri yang ada di bagian dalam tubuh makhluk hidup.

Misal, morfologi tumbuhan: warna bunga;bentuk bunga; bentuk biji;bentuk daun; bentuk akar dan lain sebagainya, sedangkan anatominya:ada tidaknya berkas pembuluh; keadaan sel kambium; dan lain sebagainya

Berdasarkan Biokimia

Ilmu biologi semakin berkembang, dasar pengklasifikasian makhluk hidup tidak lagi hanya pada morfologi dan anatomi saja tetapi juga biokimianya juga. Misalnya jenis protein dan enzim yang dimilikinya, ada tidaknya membran inti sel. Kadang DNA juga digunakan untuk mengetahui jauh dekatnya satu spesies dengan spesies yang lain.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas Feed Back Anda (^,^)a